Soal TVRI 26 Agustus 2020 SMP SMA

Soal TVRI 26 Agustus 2020 SMP SMA

Hargaticket.com – Berikut ini adalah rangkuman materi soal dan jawaban TVRI Rabu, 26 Agustus 2020 untuk SMP dan SMA sederajat dalam program Belajar dari Rumah TVRI.

Khusus untuk materi kali ini, para siswa baik SMP maupun SMA akan menonton satu tayangan yang sama yang berjudul Malam di Bumi : Kota yang Tak Pernah Tidur.

Soal TVRI 26 Agustus 2020 SMP SMA
Soal TVRI 26 Agustus 2020 SMP SMA

Tayangan tersebut mengudara di TVRI pada tanggal 26 Agustus 2020 selama 1 jam penuh yaitu pukul 09.30 – 10.30 WIB.

Di akhir tayangan, para siswa akan diberikan beberapa soal yang harus dikerjakan, dan admin sudah menyiapkan alternatif jawabannya di bawah ini.

Jawaban Soal TVRI 26 Agustus 2020 SMP

Soal

1. Seberapa besar peran manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem? Kemukakan dengan alasan yang jelas!

2. Bagaimana sebaiknya cara kita menjaga habitat hewan agar terhindar dari kepunahan?

Jawaban

1. Peran manusia dalam menjaga keseimbangan eksoistem sangat besar. Karena manusia menjadi makhluk yang memiliki kemampuan berpikir lebih tinggi, sehingga menjadi makhluk yang dominan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Manusia bisa memberikan pengaruh besar terhadap lingkungannya dan semua makhluk hidup. Manusia juga berkompetisi lebih baik untuk memenuhi kebutuhannya.

————————-

2. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga habitat agar terhindar dari kepunahan:

Memperhatikan alam

Dengan memperhatikan alam, kita belajar untuk tidak saling mengganggu kehidupan dan keberadaan hewan di sekitar lingkungan maupun di alam bebas.

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Karena sampah-sampah yang dibuang sembarang akan berdampak penyakit bagi hewan-hewan yang ada di sekitarnnya.

Mempelajari hewan

Sembari menambah ilmu pengetahuan, belajar mengenai habitat dan kebiasaan hewan juga membantu kita untuk menjaga keberlangsungan hidup hewan.

Dengan pengetahuan yang memadai mengenai hewan, maka kita bisa mengambil sikap untuk menjaga hewan dengan baik dan turut melestarikannya agar tidak punah.

Membangun tempat perlindungan

Tempat perlindungan bagi hewan ini fungsinya adalah melindungi hewan dari pemburu atau manusia yang ingin merusak dan membunuh eksistensi hewan.

Pembangunan suaka margasatwa menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memberikan tempat para hewan, khususnya yang sudah langka untuk tinggal dan berkembang biak.

Karena banyak sekali oknum yang dengan sengaja merusak hutan atau alam untuk kepentingan pribadi. Tidak memikirkan keselamatan atau keberlangsungan hidup hewan dan tumbuhan di dalamnya.

Membangun tempat perlindungan juga bisa dilakukan dengan melakukan usaha pelestarian hutan. Di mana menindak tegas oknum-oknum yang dengan sengaja merusak alam.

Selain itu juga bisa melakukan reboisasi dan melakukan tebang pilih supaya hutan tetap terjaga kehidupannya. Sehingga makhluk hidup yang ada di dalam hutan tidak mengalami erosi tanah.

Membangun tempat rehabilitasi

Dengan membangun tempat rehabilitasi bagi hewan-hewan, khususnya hewan langka akan mempertahankan eksistensi mereka. Tempat rehabilitasi ini tentu akan membuat kondisi hewan-hewan menjadi lebih baik.

Melalui program pembangunan berkelanjutan

Setiap tahun perkembangan di dunia semakin berkembang ke arah modern. Namun, banyak pembangunan yang kurang memerhatikan lingkungan sekitar, salah satunya pencemaran udara atau limbah.

Perubahan siklus alam yang terjadi akibat sikap manusia, ternyata memberikan dampak buruk juga kepada hewan. Sehingga saat ini perlu adanya program pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan lingkungan sekitar.

Contohnya, saat membangun pabrik harus memperhitungkan pembuangan limbah yang tidak mencemari lingkungan sekitar. Bisa juga dibarengi dengan pembuatan lahan hijau agar seimbang.

————————————-

Jawaban Soal TVRI 26 Agustus 2020 SMA

Soal

1. Di alam liar, terutama di beberapa bagian bumi, makanan menjadi langka. Namun di kota, makanan menjadi tidak terbatas bagi beberapa hewan liar. Menurut kamu, mengapa hal itu terjadi?

2. Singapura berhasil menjadi tempat dari beberapa hewan liar seperti berang-berang. Mengapa hal itu bisa terjadi berdasarkan tayangan tersebut?

Jawaban

coming soon

——————————-

Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban dan materi soal TVRI 26 Agustus 2020 untuk siswa-siswi SMP dan SMA sederajat, semoga bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *