Tiket Masuk Candi Cetho Karanganyar

tiket masuk candi cetho

Tiket Masuk Candi Cetho – Salah satu objek wisata sejarah yang layak untuk dikunjungi bila kalian sedang berlibur di daerah Tawangmangu adalah Candi Cetho.

Candi Cetho merupakan candi bercorak agama Hindu yang berada di lereng Gunung Lawu yang diduga dibangun pada akhir masa Kerajaan Majapahit.

Letaknya yang berada di kaki gunung inilah yang membuat Candi Cetho ini begitu istimewa.

Selain desain candinya yang berbeda dari candi-candi pada umumnya, perbukitan hijau yang mengelilingi candi Cetho ini menambah daya tarik tersendiri.

tiket masuk candi cetho
Foto spot wajib di Candi Cetho, foto by @galuh.kwa

Apalagi bila kabut tipis turun menyelimuti area candi, membuat suasana makin hening dan sedikit mistis.

Memang, di lokasi Candi Cetho ini sering sekali diselimuti kabut, hal inilah yang malah dinantikan oleh para pengunjung, karena membuat pemandangan makin keren.

Harga tiket masuk Candi Cetho pada tahun 2020 ini sebesar Rp 10.000 saja untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk turis asing sebesar Rp 30.000.

Baca juga :

Selain tiket masuk, pengunjung diwajibkan untuk memakai sehelai kain yang dikenakan di pinggang.

Kain tersebut diberikan oleh pengelola Candi Cetho saat akan memasuki area candi. Tidak dikenakan tarif khusus untuk kain tersebut, hanya bayar seikhlasnya saja untuk biaya perawatan.

Selain sebagai wisata sejarah, Candi Cetho ini juga merupakan salah satu pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu, yang terkenal memiliki trek lebih panjang dari jalur lainnya.

tiket masuk candi cetho
Pictogram Garuda yang tergelar di halaman teras punden Candi Cetho

Candi Cetho ini sangat cocok bagi kalian pecinta wisata sejarah dan budaya. Sedangkan untuk anak-anak, tempat wisata ini kurang rekomended karena tidak tersedia area bermain anak.

Selain Candi Cetho, di lokasi wisata ini terdapat candi lain yaitu Candi Kethek yang letaknya agak masuk ke dalam.

Ada beberapa fasilitas umum di sini seperti area parkir, toilet, mushola, dan warung makan. Namun untuk jenis makanan berat sangat terbatas.

Karena letaknya yang berada di dataran tinggi dengan jalan sangat menanjak, sangat disarankan untuk mengecek kendaraan sebelum kesini.

Tiket Masuk Candi Cetho

TiketKategoriHarga
Tiket MasukLokalRp. 10.000
 MancanegaraRp. 30.000

Lokasi & Rute

Untuk menuju ke lokasi Candi Cetho, kalian bisa naik bus jurusan terminal Tawangmangu, namun turun di terminal Karangpandan.

Dari terminal Karangpandan dilanjutkan lagi naik minibus ke pasar Kemuning. Turun di pasar Kemuning lanjut naik ojek ke Candi Cetho.

Atau bila kalian rombongan orang banyak, bisa mencarter angkot di terminal Karangpandan langsung menuju Candi Cetho.

Untuk ongkos minibus ke Pasar Kemuning Rp 7.000 – 10.000 per orang. Sedangkan ojek dari Pasar Kemuning ke Candi Cetho Rp 25.000 – 30.000 per orang.

  • Alamat : Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792
  • Jam buka : Setiap hari, pk 07.00-17.00
  • Telepon : 0812-3962-4421

Review Candi Cetho

Candi Cetho sangat luar biasa karena terletak di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1400 meter di atas permukaan laut.

Terletak di lereng bagian barat Gunung Lawu, Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Candi Cetho memiliki arsitektur yang mirip dengan candi Suku Maya di Meksiko dan Suku Inca di Peru.

Sebuah catatan dari Cilacap mengatakan bahwa candi ini adalah istana utama Majapahit yang dibawa terbang oleh Prabu Brawijaya V untuk ditempatkan di lereng Gunung Lawu.

Hal itu dilakukan karena tidak mau Majapahit diduduki oleh Raden Patah yang telah beragama Islam, karena bila hal itu terjadi maka secara otomatis semua Kerajaan di Nusantara akan memberi upeti kepada Raja Majapahit yang baru.

tiket masuk candi cetho
Candi Cetho yang memukau dikelilingi perbukitan hijau

Candi Cetho merupakan salah satu candi favorit, karena pada dasarnya admin suka tempat-tempat yang banyak menyimpan sejarah plus ditunjang dengan atmosfer di candi Cetho yang sangat nyaman.

Walaupun musim kemarau, tapi udara di Candi Cetho ini tetap sejuk, karena memang berada di ketinggian dan dikelilingi bukit-bukti yang rimbun.

Candi Cetho sendiri masih dipergunakan untuk ibadah bagi penganut kepercayaan tertentu.

Jadi bagi wisatawan yang hendak berswafoto harus bisa lebih menghormati jika ada yang sedang melakukan ritual ibadahnya jangan sampai mengganggu hanya demi kepuasan berfoto ria.

Berjalan agak ke atas lagi, kita bisa menemukan patung dewi Saraswati dan tidak jauh dari patung tersebut ada sebuah sendang yang terletak di bawah pohon yang sangat rindang.

Ada kebiasaan wisatawan yang berkunjung disini yaitu sering melempar uang koin ke dalam sendang tersebut.

Galeri Foto HD

tiket masuk candi cetho
Kalau liat yang beginian, jomblo harus kuat iman ya sob, foto by @putriwindihap
tiket masuk candi cetho
Salah satu sudut Candi Cetho, foto by @mass_bay
tiket masuk candi cetho
Salah satu arca di Candi Cetho, foto by @jose.mario.pires
tiket masuk candi cetho
Berfoto di antara dinding-dinding gapura candi, foto by @devinaaa____
tiket masuk candi cetho
Pictogram garuda Candi Cetho yang penuh misteri
tiket masuk candi cetho
Lagi ngelamun mikirin mantan yang ngajak balikan

Gimana sob, keren kan Candi Cetho ini. Bila dijadikan destinasi wisata selanjutnya nih, bila kalian liburan ke Karanganyar.

Oke sekian dulu ya sob review kita tentang harga tiket Candi Cetho beserta informasi pendukung lainnya, semoga bermanfaat.

source : hargaticket.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *