Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten

tiket masuk umbul ponggok

Tiket Masuk Umbul Ponggok – Bagi kamu yang hobi snorkeling atau menyelam, namun tak punya waktu untuk berlibur ke laut, kenapa tidak mencoba piknik ke Umbul Ponggok saja.

Yupz, destinasi wisata paling populer di Klaten ini bisa menjadi alternatif liburan kalian yang hobi berenang dan snorkeling tanpa mengeluarkan uang yang banyak.

Harga tiket masuk Umbul Ponggok di tahun 2020 ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 15.000 per orang yang juga mendapat 1 pc snack.

Bila dilihat dari area parkir, wisata Umbul Ponggok ini memang jauh dari kesan “wah” atau “keren”. Tak hanya itu, kolamnya pun bila dilihat dari atas, tampak gelap dan tidak jernih.

Baca juga :

Ternyata semua sangkaan itu salah besar. Keindahan Umbul Ponggok baru terasa kalau kita sudah nyemplung ke kolamnya yang penuh dengan ikan-ikan air tawar.

Air kolamnya sangat jernih dan segar, karena bebas dari kaporit. Itulah keunggulan Umbul Ponggok ini, airnya berasal dari sumber air yang bersih, segar, dan sehat karena sirkulasi air selalu mengalir.

Bagi kalian yang ingin menikmati pemandangan dalam air dengan bersnorkeling, disini juga disediakan peralatan seperti fin, mask, pelampung, snorkel dengan harga yang terjangkau.

tiket masuk umbul ponggok
foto by @umbul_ponggok

Meskipun Umbul Ponggok ini sangat terkenal, kalian jangan khawatir berdesak-desakan disini, karena meskipun pengunjungnya rame, tapi banyak yang hanya berenang di pinggir kolam.

Sementara itu, di tengah kolam Umbul Ponggok cenderung sepi, karena kedalamannya mencapai 3 meter, jadi hanya mereka yang jago berenang yang bisa menikmati kolam ini.

Selain berenang dan snorkeling, yang paling khas di Umbul Ponggok ini adalah sesi foto underwaternya yang menggunakan berbagai properti unik.

Kalian bisa berfoto di bawah air dengan bergaya sedang naik motor, naik sepeda, bermain laptop, camping, nonton tv, dan banyak lagi lainnya.

Selain itu, di Umbul Ponggok ini kalian juga bisa mencoba wahana keren bernama “Walker” atau Sea Walker versi air tawar dengan membayar sebesar Rp 150.000 per orang.

tiket masuk umbul ponggok
Warrior Adventure, foto by @dicka_gusti

Oh iya, di Umbul Ponggok ini juga ada kolam khusus anak-anak yang kedalamannya gak sampai 1 meter, ditambah lagi disini ada wahana baru bernama Warrior Adventure yang seru abis.

Tiket Masuk Umbul Ponggok

TiketHarga
Tiket MasukRp. 15.000
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkir MobilRp. 5.000

Persewaan Alat Snorkeling

Jenis PaketPropertiHarga
Paket AKameraRp. 60.000
Paket BKamera, TV/ LaptopRp. 80.000
Paket CKamera, SepedaRp. 80.000
Paket DKamera, Love CaseRp. 110.000
Paket EKamera, MotorRp. 110.000
Paket FKamera, AyunanRp. 110.000
Paket G Kamera, Mio FinoRp. 110.000
Paket HKamera, X RideRp. 110.000
Paket IKamera, N MaxRp. 160.000
Paket WalkerKameraRp. 150.000
Warrior AdventureRp. 20.000

Lokasi

  • Alamat : Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
  • Jam Buka : 08.00-16.00 WIB
  • Web : umbulponggok.co.id
  • Akun IG : @umbul_ponggok
  • Telepon : 0823-1438-8880

Review & Sejarah Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan salah satu destinasi wisata air paling populer di Klaten khususnya dan Jogjakarta pada umumnya.

Kolam ini memiliki panjang 70 meter dan lebar 40 meter yang di dalamnya hidup ratusan ikan air tawar dari berbagai jenis.

Air di kolam Umbul Ponggok ini berasal dari sumber mata air yang kemudian dimanfaatkan menjadi sebuah objek wisata, pemandian, dan lokasi snorkeling.

Desa Ponggok ini sudah dikenal lebih dari 100 tahun yang lalu. Pada tahun 1920-an, desa ini terdapat Pabrik Gula Ponggok (Suikerfabriek Ponggok) yang menjadikannya sebagai kawasan industri.

Nama Umbul Ponggok sendiri diambil dari kata umbul yang berarti mata air, dan Ponggok yang merupakan desa dimana kolam ini berada.

tiket masuk umbul ponggok
foto by @aankhosihan

Pada waktu itu wilayah Ponggok secara administratif merupakan wilayah Kawedanan Ponggok, dimana banyak keluarga Belanda yang tinggal disana.

Keluarga Belanda ini mayoritas bekerja sebagai karyawan di Pabrik Gula Ponggok sebagai administratur, manajer, juru buku, dan lain-lain. Mereka tinggal di “Loji-loji” yang letaknya di sebelah utara Umbul Ponggok.

Pada tahun 1930-an karena krisis ekonomi, sosial, dan politik dunia, akhirnya pabrik gula Ponggok ini tutup dan berhenti beroperasi.

Sebelum menjadi sebuah destinasi wisata favorit, dahulu Umbul Ponggok ini dijadikan sebagai water reservoir yang berfungsi untuk menampung air untuk kebutuhan pabrik gula.

Selain itu, kolam air Umbul Ponggok ini juga dijadikan sebagai sarana pengairan untuk perkebunan tebu di wilayah Polanharjo, Karanganom, Ceper.

Setelah pabrik gula tersebut tutup, Umbul Ponggok masih digunakan sebagai irigasi sawah-sawah penduduk sampai sekarang.

Seiring dengan perkembangan zaman, pemerintah daerah setempat bersama masyarakat kemudian berinovasi untuk menjadi Umbul Ponggok ini sebagai objek wisata yang unik.

Tak hanya sebagai kolam renang, mereka berhasil menyulap Umbul Ponggok ini menjadi wisata air dengan tema snorkeling, diving, dan foto underwater yang keren.

tiket masuk umbul ponggok
foto by @miracle.moment.photo

Bahkan karena keunikan dan keindahan bawah air Umbul Ponggok ini, banyak calon pasangan pengantin yang melakukan foto pre-wedding di sini.

Galeri Foto

tiket masuk umbul ponggok
foto by @aghnidm
tiket masuk umbul ponggok
foto by @dony_omesh
tiket masuk umbul ponggok
foto by @elnatan_garage
tiket masuk umbul ponggok
foto by @embuhsopo6219
tiket masuk umbul ponggok
foto by @harstftt
tiket masuk umbul ponggok
foto by @umbul_ponggok
tiket masuk umbul ponggok
foto by @rianggimanutd
tiket masuk umbul ponggok
foto by @samjaisamjai
tiket masuk umbul ponggok
foto by @si_dimin
tiket masuk umbul ponggok
foto by @umbul_ponggok

Oke sekian dulu ya gaes review kita kali ini tentang harga tiket Umbul Ponggok lengkap dengan informasi sejarah dan galeri fotonya, semoga bermanfaat.

source : hargaticket.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *